Penyebab kaki kesemutan

Seseorang mungkin merasakan kakinya mati rasa karena duduk terlalu lama dalam posisi yang memberi terlalu banyak tekanan pada saraf atau mengurangi aliran darah. Namun, mati rasa yang berlangsung lama atau tidak dapat dijelaskan mungkin merupakan tanda dari kondisi medis yang mendasarinya.

Mati rasa jangka panjang atau perasaan kesemutan pada tungkai dan kaki mungkin disebabkan oleh kondisi seperti multiple sclerosis (MS), diabetes , penyakit arteri perifer , atau fibromyalgia . Sensasi dapat dirasakan di seluruh kaki, di bawah lutut, atau di berbagai area kaki.

Seringkali, kaki seseorang mati rasa sementara karena posturnya.

Namun, mati rasa kronis atau jangka panjang pada kaki dan tungkai hampir selalu merupakan tanda dari kondisi medis yang mendasarinya.
Pada artikel ini, kita melihat beberapa alasan mengapa seseorang mungkin mengalami mati rasa di tungkai dan kaki, bersama dengan gejala dan perawatan.

Penyebab mati rasa di kaki.

1. Sikap atau kebiasaan tubuh

Menyilangkan kaki terlalu lama dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan di kaki.
mengenakan celana, kaus kaki, atau sepatu yang terlalu ketat juga menyebabkan kaki kesemutan.

2. Cedera

pada tulang belakang, pinggul,pergelangan kaki, membuat saraf tertekan dan menyebabkan kaki menjadi mati rasa.

3. Diabetes

Beberapa orang dengan diabetes mengembangkan jenis kerusakan saraf yang disebut neuropati diabetik . Neuropati diabetes dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan, dan nyeri pada kaki.

4. Masalah saraf kejepit di pinggang bawah

Masalah di pinggang bawah seperti HNP atau herniasi tulang belakang, dapat menyebabkan kompresi saraf ke kaki, yang menyebabkan mati rasa atau gangguan sensorik.

5. Tarsal Tunnel Syndrome (TTS)

Merupakan kompresi neuropathy dan kondisi kaki yang menjadi nyeri akibat terjadinya penekanan pada nervus tibia yang mana melewati terowongan tarsal
Terowongan tarsal adalah ruang sempit di bagian dalam pergelangan kaki. Orang dengan sindrom terowongan tarsal cenderung merasa mati rasa, terbakar, kesemutan, dan rasa sakit di pergelangan kaki, tumit, dan kaki.

6. Peripheral arterial disease (PAD) atau penyakit arteri perifer.

Adalah kondisi di mana aliran darah ke tungkai tersumbat akibat penyempitan pembuluh darah yang berasal dari jantung (arteri). Dampaknya, tungkai yang kekurangan pasokan darah akan terasa sakit. Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang paling umum terkena dampak PAD.

Kebanyakan orang dengan PAD mengalami rasa sakit dan kram di kaki dan pinggul mereka ketika mereka berjalan atau naik. Beberapa orang dengan PAD juga mengalami mati rasa dan kelemahan kaki.

7. Penggunaan alkohol

Racun dalam alkohol dapat menyebabkan kerusakan saraf yang berhubungan dengan mati rasa, terutama di kaki.

Konsumsi alkohol kronis atau berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan saraf yang menyebabkan mati rasa. Jenis kerusakan saraf ini terkait dengan penurunan kadar vitamin B, seperti B-1 (tiamin), B-9 ( folat ), dan B-12, yang disebabkan oleh asupan alkohol yang berlebihan.

8. Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah kondisi kronis atau jangka panjang yang menyebabkan nyeri meluas yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit di sekujur tubuh.Beberapa orang dengan fibromyalgia juga mengalami mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki.

Fibromyalgia bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Namun sebagian besar penderitanya berusia di antara 30 hingga 50 tahun. Selain itu, wanita memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit ini dibandingkan dengan pria.
Gejala utama fibromyalgia adalah rasa sakit yang menyebar ke seluruh tubuh. Rasa sakit ini dapat berupa sensasi terbakar, seperti ditusuk-tusuk.

9. Sklerosis multipel

Sklerosis multipel atau sklerosis ganda (bahasa Inggris: disseminated sclerosis, encephalomyelitis disseminata, multiple sclerosis, MS) merupakan suatu kelainan peradangan yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh banyak faktor. Orang dengan multiple sclerosis (MS) mengalami kerusakan saraf sensorik yang dapat menyebabkan mati rasa di wilayah kecil tubuh mereka atau seluruh anggota tubuh. Meskipun mati rasa yang terkait dengan MS sering hanya berlangsung untuk waktu yang singkat, itu bisa bertahan cukup lama untuk menjadi kelumpuhan.

10. Penyakit Stokes

Stroke atau stroke kecil dapat menyebabkan kerusakan otak yang dapat memengaruhi cara pikiran menginterpretasikan dan memproses sinyal saraf. Stroke kadang-kadang dapat menyebabkan mati rasa sementara atau jangka panjang di bagian tubuh.

Pengobatan untuk kaki kesemutan

Perawatan yang tepat untuk mati rasa kaki dan kaki sepenuhnya tergantung pada penyebabnya.

Obat
Pilihan medis untuk mati rasa jangka panjang pada tungkai dan kaki termasuk:

  1. Antidepresan . Beberapa antidepresan , seperti duloxetine dan milnacipran, telah disetujui untuk pengobatan fibromyalgia.
  2. Kortikosteroid . Beberapa kortikosteroid dapat membantu mengurangi peradangan kronis dan mati rasa yang terkait dengan kondisi seperti MS.
  3. Gabapentin dan pregabalin . Obat-obatan yang menghalangi atau mengubah persinyalan saraf dapat membantu mengurangi mati rasa yang terkait dengan kondisi seperti fibromyalgia, MS, dan neuropati diabetik.

Terapi alternatif untuk kaki kesemutan

Menurut Hendrawan Pratama seorang ahli pengobatan saraf kejepit terkemuka di jakarta berpendapat menurut pepatah medis tiongkok kuno bahwa rasa sakit dihasilkan dari kemacetan, stagnasi, dan penyumbatan qi, atau energi vital. Jika rasa sakit adalah inti dari penyakit, maka penderitaan adalah akibat dari aliran yang terhambat atau tidak teratur dalam tubuh. salah satu terapi tradisional tertua di dunia, dan terutama dalam tradisi medis asia, timur tengah dan eropa adalah Akupunktur dan cupping sangat sering digunakan untuk mengobati penyakit muskuloskeletal.

Salah satu keuntungan terbesar untuk mencoba praktik alternatif seperti akupunktur, cupping atau terapi pijat adalah bahwa metode ini aman tidak menimbulkan risiko efek samping yang tidak diinginkan seperti obat.

Faktanya, benar-benar tidak ada kerugian untuk mencoba karena penelitian menunjukkan mereka dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mempercepat waktu penyembuhan di samping terapi obat ujar Hendrawan Pratama ahli terapi saraf kejepit

Pandangan
Mati rasa pada kaki adalah gangguan yang umum, meskipun ketika menjadi kronis, itu mungkin merupakan tanda dari kondisi medis yang mendasarinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *